Healthy Care DSKS Gelar Pelatihan bagi Relawan se Soloraya

0
170
Pelatihan Healthy Care DSKS Tawangmangu

KARANGANYAR – Healthy Care DSKS menyelenggarakan pelatihan Basic Life Support bagi relawan yang ada di Soloraya di Villa Tebar Salam Tawangmangu. Acara yang diselenggarakan selama dua hari tersebut Sabtu-Ahad (18-19/12) diikuti oleh 30 komunitas atau ormas.

Hadir dalam kegiatan tersebut DRT DSKS sekaligus memberikan materi diantaranya adalah Ustadz Abdurrachim Ba’asyir dan Ustadz Aris Munandar.

Ketua Panitia, Joko Achmad W menjelaskan bahwa kegiatan ini diadakan dengan harapan antar elemen Soloraya bisa membantu masyarakat jika ada yang mengalami masalah kesehatan

“Misal ada tetangga yang sakit disekitar kita paling tidak mempunyai rasa empati untuk menolong. Relawan  mampu mendekteksi dini orang sakit yang selanjutnya disampaikan ke koordinator sehingga bisa diputuskan apakah harus dirawat di rumah sakit atau tidak berikut penyediaan ambulance,” ujarnya Ahad (19/12).

Dalam kegiatan tersebut selain mendapatkan motivasi dari pengurus DSKS, peserta juga mendapatkan pelatihan diantaranya adalah motivasi menjadi relawan yang cerdas dan tanggap terhadap situasi bencana.

“Materi tentang bantuan hidup dasar yaitu bagaimana menangani pada korban kecelakaan yang benar dan tepat menggunakan metode RJP ( membantu fungsi jatung dan paru – paru agar berfungsi dengan baik saat kecelakaan sampai ambulan atau petugas medis datang),” tambahnya.

Lanjut Joko, para peserta juga mendapatkan pelatihan bagaimana cara menolong pada korban kecelakaan lalulintas pada kasus penanganan tangan dan atau kaki yang mengalami cidera patah tulang.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut hal ini dibuktikan para peserta terus mengikuti acara hingga penutupan.

Salah satu peserta pelatihan sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Healthy Care DSKS.

“Baru kali ini mengikuti kegiatan semacam ini sangat senang dan Saya berpesan semoga kegiatan ini bisa terus diselenggarakan minimal satu tahun sekali agar ilmu yang didapat tidak hilang. Terimkasih kepada DSKS,” katanya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here