Terkait Kerumunan Lampion Imlek Solo, DSKS Datangi DPRD

0
236
DSKS ke DRPD Surakarta terkait kerumunan perayaan Imlek

SOLO – Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) menemui pimpinan DPRD Solo pada Rabu (2/2/2022) untuk menyampaikan aspirasi mereka terkait terjadinya kerumunan pesta lampion Imlek 2022 di Balai Kota dan Pasar Gede Solo.

Rombongan DSKS datang dipimpin oleh Ahmad Sigit selaku Ketua Lajnah Khitmad dan Endro Sudarsono Humas DSKS. Sementara anggota wakil rakyat yang hadir saat itu Achmad Sapari, yang merupakan politikus Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam audensi tersebut DSKS menyayangkan terjadinya kerumunan banyak orang saat pesta lampion Imlek di Balai Kota hingga depan Pasar Gede Solo. Apalagi peristiwa kerumunan tersebut terjadi dua malam yang diduga diwarnai pelanggaran protokol kesehatan.

“Pada saat yang sama kok dua malam terjadi pelanggaran prokes maupun kerumunan. Kami minta kepada DPRD Solo, Polda Jateng, Ombudsman, Gubernur, untuk meminta klarifikasi beberapa instansi, termasuk panitia dan Wali Kota,” ujar Endro Sudarsono, Rabu (2/2/2022).

DSKS berharap ada tindakan tegas kepada siapapun yang telah melakukan kegiatan yang berdampak pada kerumunan yang berpotensi menimbulkan cluster baru maupun gangguan lalulintas yang merugikan masyarakat luas baik pencabutan ijin kegiatan ataupun penegakan hukum.

Terpisah, Achmad Sapari mengakui adanya aspirasi dari DSKS agar DPRD Solo mengklarifikasi terjadinya kerumunan pesta Lampion Imlek 2022 kepada sejumlah pihak, seperti Wali Kota Solo, Kapolresta Solo, serta Panitia Imlek Solo 2022.

“Ini surat sudah saya terima, tapi belum saya sampaikan kepada pihak-pihak terkait. Mungkin pekan depan baru saya sampaikan. Ini soalnya pimpinan lain DPRD sedang tidak ada, saya sendirian. Artinya ini jadi evaluasi Imlek tahun depan,” katanya.

Seperti yang viral di kota Solo terjadi kerumunan ribuan orang yang memadati kawasan depan Balai Kota Solo hingga Pasar Gede Solo yang dipasangi 1.000 lampion. Para pengunjung itu mendatangi kawasan tersebut untuk melihat kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek 2022. Lampu lampion di kawasan depan Balai Kota Solo hingga Pasar Gede Solo itu mulai dinyalakan pada pukul 17.00 WIB. Sejak lampion dinyalakan pengunjung pun mulai berdatangan untuk mengabadikan momen suasana Imlek di Kota Solo. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here